Sharing With Passion

July 14, 2019

Posted by sabarsan in | July 14, 2019 No comments
Kelebihan :
Sekali lagi Samsung membuktikan formula seri Galaxy S9 dengan layar 5,8 inci yang cantik, desain yang melengkung begitu indah serta kamera yang luar biasa untuk bidikan dengan hasil terang. Kecepatan whiplash-nya sudah tidak diragukan lagi, kekuatan wifi dan ketahanan pada kondisi lingkungan yang basah dan berair melengkapi fiturnya semakin canggih dan elegan. Dibalut dengan warna ungu dan biru yang elegan terlihat lebih memukau.

Kekurangan :
Hasil foto untuk kondisi lingkungan pencahayaan yang rendah terkadang menjadi terlihat buram dan tekstur kurang jelas, hal ini sangat kontras dengan jenis ponsel kamera merek lain yang sepadan dengan Galaxy S9. Pada waktu tertentu ketika kamera sedang digunakan ada kalanya berganti mode. Perangkat lunak untuk menampilkan avatar 3D kurang begitu bagus, sistem keamanan ponsel menggunakan pengenalan wajah yang baru yang pada dasarnya tidak begitu aman untuk level gadget. Terakhir dilihat dari harganya Galaxy S9 tentu saja lebih tinggi tipe Galaxy yang lainnya seperti Galaxy S8 yang diluncurkan pada tahun 2017.

Review Singkat Galaxy S9 :

Hampir satu tahun terakhir Galaxy S9 ($ 600 di Walmart) merupakan ponsel yang luar biasa dengan menghadirkan keunggulan dari sisi perangkat keras, kinerja, dan serta fotografi terbaik dari handset yang sepadan dengannya. Namun masa itu akan segera berakhir setelah ada penggantinya dalam seri yang sama yaitu Galaxy S10 ($ 890 di Amazon), yang diluncurkan oleh Samsung 20 Februari 2019 di San Francisco.

Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus ($ 715 di Walmart) tidak akan lagi menjadi ponsel yang paling kompetitif untuk tahun 2019. Galaxy S10 harganya lebih mahal daripada Galaxy S9 saat diluncurkan, Galaxy S10 dilengkapi dengan pendeteksi sidik jari pada bagian layar. Samsung Galaxy S10 dilengkapi dengan enam kamera, serta kamera 3D yang menghadap ke depan berfungsi untuk membuka kunci ponsel dengan sistem pemindaian wajah.

Berikut ini adalah beberapa fitur dari Galaxy S9 :
  • Layar AMOLED 5,8 inci yang cerah dengan dua layar yang melengkung, terlihat luar biasa.
  • Desain warna dasar yang dihadirkan adalah ungu dan biru karang. Namun kita juga dapat menggantinya dengan membeli casing terpisah midnight black dan titanium gray.
  • Prosesor cepat Snapdragon 845 dapat menyelesaikan tugas aplikasi, menangani permainan dengan grafis yang intensif (beberapa model masing menggunakan Samsung Exynos 9810).
  • Fasilitas baterai yang penuh dapat kita gunakan dari pagi hingga malam hari. Walaupun menu navigasi dan streaming akan cukup menguras baterai lebih cepat.
  • Foto yang cerah dan cantik di luar ruangan dapat dihasilkan dengan kamera 12 megapiksel.
  • Sistem dual-speaker dapat menghasilkan audio yang memiliki kesan megah.
  • Soket headphone kuno terlihat bagus.
  • Penempatan pembacaan sidik jari yang begitu baik menjadikan penggunaan ponsel menjadi lebih nyaman.
  • Fasilitas nirkabel serta perangkat anti air (menggunakan IP68, dan lulus uji) memberikan tambahan keunggulan yang sama dimiliki oleh seri sebelumnya.
Ketika kita amati lebih detail, terdapat beberapa masalah menjadi hambatan dari beberapa fitur unggulan yang sudah dijelaskan pada bagian atas. Sebagai contoh, lensa dual-aperture yang pertama kali di terapkan pada ponsel Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus benar-benar membuat foto seterang yang dijanjikan, namun memeiliki kelemahan yaitu terlihat buram ketika ada gerakan. Avatar 3D dan sistem pengenalan wajah untuk membuka ponsel hampir mirip dengan iPhone X ($ 630 di Walmart) namun masih terdapat kekurangan yang mendasat.

Galaxy S9 dan Galaxy S9 plus, memiliki fitur inti yang hampir sama, termasuk ukuran, berat dan harga. Namun ada sedikit perbedaan dari kedua tipe Galaxy tersebut, yaitu sebagai berikut :


Perbedaan yang paling jelas adalah adanya lensa kamera di bagian belakang pada tipe S9 Plus, lensa foto jarak jauh yang didesain untuk menghasilkan bidikan kedalaman gambar pada area terbuka, sehingga objek yang tertangkap oleh kamera begitu nyata dan mengaburkan latar belakang yang ada disekelilingnya.

Jika tujuannya adalah menginginkan ponsel dengan layar lebih besar, dengan pengambilan gambar yang bagus dan detail, maka S9 Plus adalah pilihannya dan tentunya sesuai dengan harga yang harus dibayar. Berbeda dengan tipe S9 yang ukurannya lebih kecil dan lebih nyaman untuk dipegang dan digunakan.


Untuk masalah harga S9 Plus memang lebih mahal, ini dikarenakan S9 Plus memiliki keunggulan dibandung S9, salah satunya adalah kamera canggih yang tertanam didalamnya. Jenis kamera yang digunakan menyerupai fungsi kamera DSLR namun ukurannya lebih kecil dan menyesuaikan pada bentuk kamera, fitur yang dirancang pada kamera tersebut dapat menerima lebih banyak cahaya, mengurangi noise dari gambar yang diambil, dan umumnya hasil foto menjadi lebih baik.

Pada Galaxy S9, secara fisik apertur akan berubah ukuran ketika kamera mendeteksi adanya cahaya yang redup, maka secara otomatis kita harus mengubah ulang antara pengaturan f / 2.4 dan f / 1.5, meskipun kita dapat mengatur sendiri ini secara manual dalam mode Pro. Samsung mengklaim bahwa kamera yang disediakan memungkinkan dapat menerima cahaya lebih banyak 28 persen pada lingkungan pencahayaan dimmer, dan itu memang sudah terbukti dan teruji.

Pada sebuah sample pengambilan sejumlah foto dari kamera S9 dan S9 Plus, dapat diambil kesimpulan bahwa cahaya pada gambar yang diambil oleh tipe S9 dengan lingkungan pencahayaan rendah, noise yang ada pada gambar tersebut cukup sedikit dibandingkan dengan ponsel tipe yang lain. Kamera secara otomatis akan menggunakan pengaturan aperture yang tepat untuk pemotretan cahaya yang rendah.

Kualitas gambar pada lingkungan yang lebih gelap itu memiliki kelebihan tersendiri. Kecepatan rana cahaya menjadi lebih lambat yaitu 1/10 dan 1/11, sehingga lebih memungkinkan terdapat banyak cahaya yang masuk, namun kelemahannya adalah gambar sedikit buram.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda :

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter