Sharing With Passion

September 22, 2010

Posted by Sabar Santoso in , | September 22, 2010 No comments
Buat siswa-siswa SMK yang baru belajar VB, Ini nih.. ada materi bagus... Cara praktis bikin menu VB dengan MDI Form.... dari Putra Qincay (blogspot.com)
Mudah-mudahan bermanfaat....

Membuat menu menggunakan MDIForm ternyata bisa dibilang mudah dan bisa juga dibilang susah. Kalau menurut Putra yang masih tahap belajar ini, membuatnya sangat Susah teman!Hahaha... Namun waktu demi waktu berlalu. Kesusahan itu tidak lagi saya rasakan. Melainkan keinginan untuk membuat lebih bagus lagi. Upz... Maaf tema kita udah diluar jalur. Langsung saja kita praktekin ya... Seperti biasa buka Aplikasi VB 6.0. Setelah Aplikasi dibuka, Kita akan dihadapin oleh kotak New Project dimana didalamnya ada berbagai pilihan, seperti : Standard Exe, ActiveX Exe, ActiveX DLL, dan sebagainya. Kamu pilih seperti biasa Standard Exe terlebih dahulu. Setelah itu, pada Proyek Form istilahnya yang berada pada kanan atas VB 6.0 kamu. Susah jelasinnya... Dikasih gambar mungkin kita bisa tau. kurang lebih gambarnya seperti ini:

Pada Proyek Form tersebut kamu klik kanan dan kamu pilih seperti gambar lagi :

Seperti yang kita lihat warna biru terakhir tampilan dikanan kamu klik (MDIForm). Setelah tampil MDIForm, pada Menu Bar klik Tools, kamu pilih Menu Editor... atau bisa juga dengan Menekan Ctrl+E dan kurang lebih tampilannya seperti ini jika sudah di isi Menu-menu.


Keterangan Gambar :
*Caption : Berfungsi untuk menampilkan teks yang ditulis
*Name : Sebagai Identitas dari teks Menu yang kita bikin.
Sedangkan untuk Menambah Menu yang ingin dibikin, kamu tinggal klik Next pada Menu Editor. Contoh :
&File
Next
&Edit
Next
&View
dan seterusnya... Sesuai dengan Menu yang ingin kamu bikin. Jika di Klik Ok, maka akan tampil seperti ini :

Seperti yang kita lihat, Menu diatas hanya menampilkan menu secara Vertikal. Bagaiman cara membikin Menu tersebut dalam bentuk Drop Down atau didalam Menu tersebut terdapat Menu lain. seperti ini :


Gimana caranya ya?...
Sekarang coba kamu lihat tampilan dibawah ini :

Seperti yang kita lihat diatas, terdapat tambahan 3 Menu. Caranya, Kamu Klik &Edit, terus kamu klik Insert dan ketik Caption dan Name seperti contoh Caption : &Open dan Name : Mn_Open. Kenapa kita harus menklik Menu &Edit? Bukannya menklik langsung Menu &File? Alasananya cukup sederhana, yaitu jika kita klik insert pada Menu &File, maka menu akan tampil diatas &File. Bukannya dibawah &File.
Setelah Insert diklik, Caption dan Namenya sudah dibikin, kamu klik Tombol panah seperti dibawah ini :
Maka akan tampil .... dan tulisan yang masuk ke dalam. Untuk Menambah &Save dan &Save As... Caranya sama seperti yang diatas. Kamu hanya tinggal menklik Menu dibawahnya (&Edit), Insert, Ketik Caption dan Menu, Tanda Panah dan selanjutnya ok. Selesai... Selamat Mencoba teman!!!..

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda :

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter