Sharing With Passion

June 30, 2019

Posted by Sabar Santoso in , , , | June 30, 2019 No comments
Seperti kita ketahui, laporan baik berbentuk soft file atau hard file merupakan hasil akhir dari data yang telah di olah (informasi). Oleh karena itu semakin baik suatu  program, maka program tersebut akan menyediakan banyak laporan yang  dibutuhkan oleh pengguna.

Salah satu tool yang mendukung untuk membuat laporan menggunakan VB.Net ada  Crystal Report. Crystal Report adalah tool untuk membuat laporan yang handal,  karena di dalamnya banyak sekali fitur-fitur untuk memudahkan kita dalam  membuat laporan. Dan Crystal Report akan otomatis terinstal saat kita menginstall  VS.NET. Menurut Wikipedia Crsytal Report adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat laporan dari berbagai sumber data. Sumber data maksudnya bisa dikatakan database, jadi dengan Crystal Report kita bisa membuat laporan yang data-datanya diperoleh dari Database apapun, misalnya SQLServer, Ms. Access, Mysql, dll.

Ada beberapa model yang akan kita buat, report tanpa parameter dan report dengan parameter. Meskipun kita bisa membuat report dari wizard yang telah disediakan oleh Microsoft, kali ini kita akan membuat report secara custom.

Sebelum menampilkan data pada Crystal reports, maka kitaperlu membuat databasenya, dengan struktur table sebagai berikut :

Nama Database    : CrystalDb
Nama Table         : OrderMaster, OrderDetails, OrderProduct







Setelah database selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mulai mengerjakan mulai membuat Crystal Reports dengan Ms Visual Studio .Net

- Buka Visual Studio .Net dan pilih new Visual Basic .NET Project.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda :

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter